Selasa, 03 Juli 2012

KoSant#1


“suasana di kota santri
asik senangkan hati
suasana di kota santri
asik senangkan hati

Tiga hari lalu selalu bergema kata kata ini : “Kota Santri”.
Mulai dari panggilan Pejabat Kota Santri, para Warga Kota Santri, dan yang paling sering dielu elukan…Bu Lurah.. ≥^.^≤ 
Tiga hari membersamai adik adik binaan mengikuti salah satu acara Jambore yang diperuntukkan bagi anak- anak TPA se-Solo, mengukir goresan pena pena hikmah. Acara yang diselenggarakan rutin setiap tahun oleh salah satu forum silaturahim TPA ini mengemas perkemahan anak anak dengan konsep “Kota Santri”. Setiap tim perwakilan TPA disebut satu RT, jadi ketua regu tim disebut sebagai Ketua RT. Beberapa RT lalu dikelompokkan menjadi kelurahan, dan dipimpin oleh seorah Lurah (pendamping TPA yang terpilih). Para peserta, pendamping dan Pembina TPA disebut sebagai Warga Kota Santri..sedangkan para panitia beserta jajarannya dianggap sebagai Pejabat Kota Santri.
Perjalanan di Kota Santi pun dimulai……
Hari pertama, hari dimulainya perjuangan di Kota santri ( Lebay =)…
saat proses bedhol masjid, apalagi ya istilah untuk menyebut pemindahan aset masjid –tikar, karpet, perabot- ke lapangan tkp alias Kota Santri, yang meningkatkan asam laktat. Dilanjutkan pendirian dua tenda yang awalnya –dengan modal PD- hanya akan didirikan tiga orang dengan penuh keoptimisan tapi pada akhirnya realistis juga dan memanggil bala bantuan..ya iyalah¬) .
Hari pertama yang penuh kekonyolan namun kami tertawa bersama untuk itu…
Hari kedua diawali dengan Isra’, para warga Kota Santri dibangunkan oleh suara sirine yang bergaung sekitar jam 2 dini hari. Mereka diharuskan mengambil air wudhu di tengah rasa dingin yang mencubit kulit, memulai perjalanan dengan mata tiga perempat kantuk dan gigilan dingin.
Tapi saya merasakan ada kehangatan yang menyelimuti, melihat wajah wajah mereka yang manyun karena biasanya mereka masih bergelut dengan mimpi di kasur rumah dan sekarang harus melaksanakan qiyamul lail yang diawali dengan isra’…



Anak anak memulai isra’ di tengah hawa dingin…#fotonya ada bentol2nya  :D



Nah lhoo..ini Qiyamul lail atau tidur berjama’ah sih..hihi  〷◠‿◠〷  

*wonten candhakipun…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar